Jumat, 23 September 2011

Menuju Pembentukan JKT48


JKT48, kembaran idol group AKB48 yang sangat terkenal di Jepang, saat ini sudah mmemulai proses audisi. Bermula dari Akihabara dengan AKB48, lalu Osaka dengan NMB48, disusul pembentukan grup ini di beberapa kota lainnya di Jepang, kelompok ini akan menjadi kelompok pertama yang dibentuk secara resmi di luar Jepang.

Seperti juga di belahan dunia lainnya, anime dan band musik Jepang sangat diminati di Indonesia. Budaya pop Jepang memang banyak disukai di seluruh dunia, tetapi akhir-akhir ini Korea pun secara mencolok nampak menarik antuasiasme masyarakat.

Diharapkan idol group perempuan Jepang ini dapat membawa angin segar ke dalam dunia selebritas Indonesia.

Audisi Bertubi-tubiSiang hari, pukul tiga. Para peserta audisi yang baru saja pulang dari sekolah mulai berdatangan ke ruang audisi Aoi Asia yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Ohayou gozaimasu," terdengar suara-suara penuh semangat menyapa, banyak juga peserta yang bisa berbahasa Jepang sederhana.

Setelah para peserta mengisi berkas-berkas mengenai tinggi badan, berat badan, usia dan lain sebagainya, mereka didandani untuk kemudian di tes di depan kamera.

Mereka harus mengikuti arahan dari kameraman, menengok ke kanan dan ke kiri, serta bergaya untuk difoto. Wajah-wajah gugup dari para peserta terlihat. Audisi lalu ditutup dengan tes kemampuan, masing-masing peserta, seperti menyanyi acapela atau menari selama satu menit.

“Saya suka tari dan nyanyi, ingin jadi seperti Junko Atsuko Maeda dari AKB,” ucap Rida (17 tahun), yang datang dari Bogor dalam bahasa Jepang.

Pada hari itu, delapan orang mengikuti audisi. Padahal jumlah peserta yang mendaftar hingga tanggal 11 berjumlah sekitar 100 orang.

Menjadi kelompok yang unikDentsu Media Group yang menjadi agen pelaksana JKT di Indonesia, baru memasang panggilan audisi JKT48 di jaringan sosial Facebook pada pertengahan Agustus lalu.

Persyaratannya, perempuan berusia 13 hingga 18 tahun, memiliki bakat, dan fotogenik. Selain itu, bersedia untuk ikut dalam kegiatan yang umumnya dilakukan di Jakarta.

Berita ini bahkan disebarkan dalam bentuk pamflet ke sekolah-sekolah, bahkan di Bandung, Jawa Barat, pencarian bakat juga dilakukan.

Audisi dimulai tanggal 22 Agustus. Tahap kedua berupa wawancara dilakukan di perrtengahan bulan September, selanjutnya audisi terakhir seperti menari dan menyanyi akan dilakukan pada akhir bulan Oktober, lalu peserta tahap awal bernama « Team J » yang berjumlah 16 akan dibentuk Oktober tahun ini.

Seperti di Jepang, rencana kegiatan JKT48 yang akan dilakukan, yaitu bertemu langsung dengan idol, penjualan CD, konser di seluruh Indonesia, pemotretan, dan jumpa fans, yang tujuannya, membina anak-anak perempuan bakal calon idol Indonesia yang mampu bekerja keras dan mengembangkan diri.

"Lima tahun yang lalu, program acara audisi sempat tren di Indonesia, yang kemudian diikuti munculnya acara-acara serupa di layar kaca. Ada berbagai macam penampilan, namun kemampuan bernyanyi menjadi acara yang dianggap paling menarik. Selama ini, idol group seperti yang ada di Jerpang masih jarang, karena itu kami mencoba mengetahui apa hal ini akan membawa pengaruh pada dunia selebriti di Indonesia," ungkap Juru bicara Dentsu Indonesia.

Agen pelaksana acara ini ingin menyediakan wadah pencapaian mimpi bagi anak-anak perempuan yang ingin menjadi idol, lalu membina mereka menjadi idol group unik yang bernuansa budaya Indonesia. Mereka antusias untuk menjadikannya sebagai idol yang tidak hanya ada di layar kaca, melainkan menonjolkan konsep idol yang bersentuhan langsung dengan para penggemarnya.

"Di Indonesia, jumlah penggemar penyanyi Korea semakin bertambah, Berbeda dengan kebanyakan lagu dan tarian Korea, kami akan berusaha keras menemukan cara untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari para penggemar," ungkapnya.

Pengumuman Saat Jumpa Fans di JepangPada tanggal 11, saat berlangsung jumpa fans AKB 48 di Makuhari Messe, Chiba, diumumkan secara resmi bahwa JKT48 akan dibentuk. Pada saat yang bersamaan, situs resmi JKT48 pun sudah diluncurkan (www.jkt48.com).
 

Akimoto Yasushi, produser gabungan bagi AKB48, menyatakan sejak terbentuknya di tahun 2005, empat single AKB48 telah menjadi best seller di Jepang.

Mereka, juga sudah tiga kali ikut serta dalam acara tanding nyanyi Kohaku Uta Gosen, yang diselenggarakan pada malam akhir tahun.

Acara ini, sebagai model bisnis baru, sangat digemari, karena ada tukar-menukar member, mengambil keputusan dengan cara suit, polling oleh penggemar atau para member diminta menyanyikan lagu-lagu baru.

Selain AKB48, ada SKE48 yang dibentuk di Sakae, Nagoya ; NMB48 di Namba, Osaka ; lalu HKT48 di Hakata, Fukuoka, bahkan ada juga SDN48 yang muncul setiap hari Sabtu malam.
 

AKB48, sejak empat tahun yang lalu, juga melakukan pertunjukan-pertunjukan di New York, Los Angeles, Cannes, Paris, Moskow, Macau, Korea, dan Taiwan.

Sejak bulan Mei tahun ini, mereka juga secara reguler mulai melakukan pertunjukan di Singapura, yang muncul sebulan dua kali karena popularitasnya yang tinggi. Di Singapura, bahkan banyak juga penggemar dari Indonesia yang sengaja datang hingga ke negara Singa itu.

"Pertama, kami ingin menjaga antusiasme dari para penggemar, lalu dari situ kami ingin melebarkan sayap," ujar Akimoto.

source: http://www.halojepang.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...